Home » » Kesalahan dalam Memberi Makan Koi

Kesalahan dalam Memberi Makan Koi

Written By Wayan Agus on Jumat, 14 Desember 2012 | 16.43


Centralkoi– Memberi makan ikan koi merupakan saat yang menyenangkan dalam memelihara ikan koi. Namun terkadang ada beberapa kesalahan yang dilakukan dalam memberikan makanan koi yang tidak disadari. Kesalahan ini terkadang sampai berakibat fatal dari penurunan kualitas hingga kematian ikan koi. Kaidah umum dalam memberi makan ikan koi adalah lebih baik memberi makan dengan jumlah sedikit namun dalam frekuensi yang sering lebih baik daripada memberi makan dengan jumlah banyak dengan frekuensi yang jarang.

Kesalahan pertama yang sering dilakukan orang dalam memberi makan koi adalah Overfeeding atau memberi makanan secara berlebihan. Meski koi selalu lahap jika diberi makanan namun makanan yang berlebihan ini tidak akan dicerna dengan baik oleh koi dan akan dibuang sebagai kotoran. Kotoran ini selain akan mencemari lingkungan kolam juga akan membuatfilter kolam bekerja lebih keras.
Sisa makanan yang berlebih ini harus segera dibuang dari kolam sesegera mungkin sebelum membusuk. Makanan koi yang membusuk akan menghasilkan racun yang berbahaya bagi ikan koi.

Kesalahan yang kedua adalah terlalu sering memberi makan atau kurang. Frekuensi memberi makan ikan koi bervariasi tergantung pada suhu air kolam. Semakin dingin suhu air kolam, metabolisme tubuh koi semakin lambat sehingga frekuensi pemberian makanan juga harus dikurangi, sebaliknya jika suhu air kolam meningkat metabolisme tubuh ikan koi juga meningkat sehingga frekuensi pemberian makanan juga meningkat.
Kesalahan ketiga adalah mengubah pemberian makanan dengan merek yang berbeda secara mendadak. Mengganti makanan dengan merek yang berbeda perlu dilakukan secara bertahap, dengan mencampurkan dengan makanan yang lama. Campuran makanan dengan proporsi yang sedikit makanan baru, kemudian meningkat sampai semua beralih ke makanan baru. Rentang waktu kurang lebih 7-10 hari.
Jenis-jenis makanan tertentu tidak boleh diberikan pada ikan koi dan perlu dihindari. Makanan-makanan tersebut antara lain makanan burung,jagung, kacang tanah, roti, nasi dan kacang polong. Alasan nasi dan roti tidak bisa diberikan untuk makanan koi adalah karena mengembang ketika terkena air. Makanan yang berkarbohidrat tinggi akan menyebabkan obesitas pada ikan koi.
Kesalahan lain adalah memberikan makanan suplemen yang berlebihan. Makanan suplemen bagi ikan koi bermacam-macam, pastikan memberikan suplemen sesuai dengan kebutuhan dan jangan berlebihan. Jangan memberikan suplemen yang tidak diperlulan.
Dengan memberikan makanan yang baik dan tepat akan menghindarkan kita dari memberikan makanan yang salah pada koi, sehingga koi tetap sehat dan indah tentunya.
Sumber:
http://koicarebasics.com/important-koi-food-mistakes-to-avoid/
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. STOREHOUSE of KNOWLEDGE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger